Kamis, 08 Maret 2012

Carlos Slim, Orang Terkaya di Dunia Asal Meksiko

MEKSIKO, (TRIBUNEKOMPAS)
By: Tommy.


- Carlos Slim, pria asal Meksiko ini dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Kekayaan Slim, menurut taksiran Forbes edisi Kamis 8 Maret 2012, mencapai US$ 69 miliar atau sekitar Rp 627 tirilun.

Gelembung pundi-pundi pria 72 tahun ini berasal dari bisnis telekomunikasi dan konstruksi. Oleh sebab itu, tak heran dengan aset sebesar itu, lelaki tajir ini menyabet gelar orang terkaya di dunia untuk ketiga kalinya.

Sementara itu, penemu Microsoft Windows, Bill Gates, berada di urutan kedua dengan kekayaan US$ 61 miliar atau sekitar Rp 554 triliun. Disusul urutan ketiga adalah pengusaha Amerika Serikat, Warren Buffet, yang hartanya mencapai US$ 44 miliar atau sekitar Rp 400 triliun.

Dari daratan Eropa, masuk di urutan kelima orang terkaya di dunia adalah Bernard Arnault, CEO produsen barang-barang mewah LVMH. Salah satu anak perusahaan LVMH adalah rumah mode Louis Vuitton. Kekayaan yang dimiliki Arnault mencapai US$ 41 miliar atau sekitar Rp 372 triliun.

Armancio Ortega, pemilik merek pakaian Zara, berada di urutan ke enam dengan kekayaan US$ 37,5 triliun atau Rp 345 triliun. Sedangkan dari Asia yang masuk daftar orang terkaya berasal dari Hong Kong dan India. Li Ka-Shing, pemilik Hutchison Whampoa dan Cheung Kong Holdings, perusahaan operator terminal kontainer, berada di urutan ke sembilan. Kekayaan Ka-Shing adalah US$ 25,5 miliar atau Rp 235 triliun.

Bos pabrik baja asal India, Lakshmi Mittal, terlempar dari 10 besar orang terkaya dunia. Kini ia berada di urutan ke-21 dengan kekayaan US$ 20,7 miliar atau Rp 190 triliun. Tahun ini dia merugi sekitar US$ 10,4 miliar atau Rp 91 triliun akibat tingginya biaya produksi dan menurunnya permintaan ekspor baja ke Eropa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar